Resensi Novel Laskar Pelangi

LASKAR PELANGI 





jUDUL                             : LASKAR PELANGI 

PENULIS                        : ANDREA HIRATA 
PENERBIT                     : PENERBIT BENTANG PUSTAKA 
JUMLAH HALAMAN  : 529 

     Novel ini menceritakan tentang kehdupan 10 orang anak dari keluarga miskin mereka bernama ikal,lintang,sahara,mahar,a kiong,syahdan,trapani,borek dan harun. Mereka tinggal di desa gantung, kabupaten gantung, belitung timur.

     Belitung adalah salah asatu pulau yang kaya akan sumber daya alam berupa timah yang banya dicari oleh beberapa pengusaha, walaupun begitu masyarakat belitung hidup di atas kemiskinan, jauh dari pusat kota dan tidak mendapat pendidikan yang layak, mayoritas mereka bekerja sebagai penambang dan kuli panggul di pasar.

     cerita di mulai ketika si ikal di daftarkan oleh ayahnya kesekolah dasar yang bernama SD MUHAMMADIYAH, namun sekolah tersebut terancam di bubarkan oleh depdikbud sumatera selatan karena sekolah tersebut sudah tua dan tak layak untuk dipakai, jika jumlah siswa yan mendaftar kurang dari 10 orang maka sekolah akan resmi ditutup, setelah menunggu sekian lama ternyata yang mendaftarkan diri ke SD MUHAMMADIYAH genap 10orang jadi sekolah tersebut tidak akan ditutup atau di bubarkan.

     Disanalah cerita persahabatan mereka dimulai, mereka saling memperkenalkan diri satu sama lain dan Bu muslimah adala guru yang mengajar di SD MUHAMMADIYAH. Bu muslimah memiliki kepribadian yang sabar dan penyayang, pengalamannya dalam mengajar selama beberapa tahun telah membuat dirinya menjadi seorang guru yang piawai dalam menghadapi anak-anak baru. Bu muslimah adala yang membari julukan laskar pelangi pada 10 orang anak tersebut. Di ddasri karena mereka sangat menyukai pelangi , dalam mengajar Bu muslimah di bantu oleh pa Harvan guru yang merangkap jabatan menjadi kepala sekolah sekaligus ayah bagi Bu muslimah.

     pada hari pertama sekolah Bu muslmah mengatur tempat duduk para murid disini, si ikal satu bangku sama si lintang. Lintang berasal dari keluarga yang sangat miskin ayah nya bekerja sebagai nelayan yang berpenghasilan tidak tetap, untuk mencapai kesekolah ia haru mengayu sepeda 12 km melewati hutan belantara dan jalanan yang penuh krikil, namun jarak tidak menyurutkan lintang untuk mencari ilmu, bahkan lintang yang terlihat seprti gelandangan memiliki otak yang sangat pintar ia dijuluki eistecn kecl.

     lalu disisi lain ada sahara satu satunya anak perempuan dalam anggota laskar pelangi sahara adalah gadis yang keras kepala, brpendirian kuat dan patuh terhadap ketentuan agama. Saara adalah musuh dari a kiopng entah mengapa mereka selalu bertengkkar ketika sedang bersama. A kiong adalah anak yang memiliki rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati.

     Syahdan anak nelayan yang periang ia tak pernah menonjol dalam segala hal, misalnya ketika bermain sandiwara, syahdan hanya mendapt peran sebagai tukang kipas sang puteri dan itupun masihbanyak kesalahannya.

    Lalu ada tripani pria tampan yang sangat mencintai ibunya apapun yang ia lakukan harus sealu di dampingi oleh ibunya  beruntung sekali ia memiliki ibu yang angat pengertian padanya.

     Ke 10 anak ini tidak pernah mengeluh dengan keadaan yang sangat mnyedihkan sekalipun mereka tetap bersyukur atas apa yang tuhan berikan pada mereka, mereka tidak pernah putus asa.
 
     Cerita mereka berlanjut ketika lintang yang tiba-tiba keluar dari sekolah karena ayanya meninggal ia harus bekerja menggantikan peran ayahnya dan harus menafkahi keluarganya, kelas pun berubah kini tidak ada lagi lmuan kecil dari SD MUHAMMADIYAH  hari-hari pun ikal lewati tanpa ada kehadiran lintang.

     10 tahun berlalu kini si ikal telah menjadi sosok yang berpendidikan mendapat basiswa untuk kuliah di luar negeri, ia hidup senang dan berkecukupan. Namun justru takdir berkata lain teman seperjuangannya tidak semuanya hidup berkecukupan, lintang yang sangat pintar hanya bkerja sebagai supir truk, borek yang gagah hanya bekerja sebagai kuli dan yang paling miris adalah tripani hidupnya harus berakhir dalam rumah sakit jiwa karena ketergantungan terhadap ibunya, Namun mahar yang sukses menjadi seorang penyair, a kiong dan ahara yang selalu bertengkar ketika bertmu  kini sudah menikah dan mempunyai anak, kucai yang sukses jadi ketua DPRD beliong, lalu terakhir ada syahdan yang berhasil menjadi Network desinger. 

0 Response to "Resensi Novel Laskar Pelangi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel